Tips dan trick chat dosen pembimbing.

 Hello sobat curcol!!! 


Habis subuh tiba tiba terlintas dipikiran buat sharing pengalaman aku waktu chat dospem. Berhubung banyak juga nih temen temenku yang nanyain gimana si cara chat dosen pertama kali setelah judul di acc. 

Ok,. Biasanya setelah judul kita diterima atau di acc otomatis kita langsung dapet dosen pembimbing skripsi 1 (PS 1)  dan dosen pembimbing skripsi 2 (PS 2). Cuma nih ya,  rata rata dari kita bingung nih,  duh gimana nih mulai chat dosennya.  Bahkan ada yang udah chat dospemnya dan cuma di read doang,  ga direspon sama sekali.  Kan sakeet banget cuy!!! Wkwk.

Apalagi,  kalian nyepam tu dospem auto di gas dong sama dospem karna sangat mengganggu beliau. 

Upss,  kalian ga mau kan bernasib seperti itu? 

Nah,  disini aku mau sharing nih berdasarkan pengalaman aku sendiri nih ya. Yang mau ikuti aku boleh,  yang ngga,  juga gapapa.  Semoga aku tidak membawa kesesatan yah, hihiw:) 

Waktu pertama kali dapet dospem 1 dan 2. Aku mulai dong cari kontak dosen tersebut yg bisa. dihubungi.  Kalo ga salah,  aku minta kontak dospem itu dari kakak tingkat. 

Setelah dapet nomor wa si dosen. Mulai dah tu aku chat.  Dan pertama kali yang harus dipertimbangkan waktu chat dosen adalah :


1. PERHATIKAN WAKTU, HARI,  DAN JADWAL KESIBUKAN DOSEN

Yap,  bener aja.Sebelum chat dosen,  kita tu mesti perhatiin jam berapa ya bagusnya chat dosen,  di hari apa. Menurut ku waktu yg bagus buat chat dosen adalah sekitar jam 8-9an pagi atau setelah isoma sekitar jam 1-2 an. Sedangkan utk hari nya,  lebih baik memilih hari hari kerja beliau si.  Jangan chat di hari libur seperti sabtu dan minggu. Karna kesannya akan mengganggu waktu libur beliau bersama keluarga. 


2. PERKENALKAN DIRI SINGKAT JELAS DAN PADAT. 

kenalin diri berupa nama, prodi apa dan tujuan chat.  Contoh chatnya gini 

" Assalammualaikum Bapak/Ibu. Saya sari berlianti dari prodi Pendidikan Bahasa Inggris. Skripsi saya yang berjudul.......... Sudah di approved dan bapak/ibu sebagai Ps 1 saya"

Setelah itu aku liat dulu nih,  di respon atau cuma di read doang.  Waktu itu ps 2 cuma respon singkat doang,  cuma balas" iya" dan ps 1 ga respon. Akhirnya aku mulai chat lagi dah tu selang 5 menit. Di chat ke dua ini,  aku mulai nanya mengenai bagaimana sebaiknya sistem bimbingan skripsi nya,  apakah lebih baik dilakukan via online atau offline dan apakah bimbingan nya sekalian jalan dengan ps 2 juga atau bimbingan sama ps 1 dulu. 

Kedua dospem auto ngerespon dong. Dan beliau menyetujui kalo bimbingan nya online dan lebih baik selesai kan dulu sama ps 1.


3. JANGAN SPAM CHAT

Nah,  ini penting juga nih. Seandainya chat kalian belum di bales.  Jangan langsung nyepam.  Tunggu beberapa menit atau paling lama sehari - 2 harian. Kita tu mesti positive thinking.  Bisa jadi dosennya lagi sibuk seminar atau lagi rapat atau lagi sakit. Kita harus kasi waktu.  Jangan sampe buat mereka annoying dengan kelakuan kita.  Bisa bisa beliau menolak jadi dospem kamu karna kamu tidak sabaran dan terlalu mengganggu mereka. 


4. UDAH 2 HARI LEBIH,  MASI BELUM DI RESPON

ini cara terakhir yang aku lakuin sih. Yaitu nelpon dosen dengan sopan santun.  Iyap, mau ga mau kita harus telpon untuk nanya kabar dan bagaimana dengan bimbingan skripsi kita.  Jangan takut,  karna itu kan hak kita kenapa mesti takut.  Takut dibilang ga sopan? Tenang,  selama cara bicara  kalian lemah lembut,  ramah dan sopan tanpa ada kata perintah, beliau ga akan marah kok. Heheh cuma harus kuat mental aja. 


5. DOA

Ini poin yang paling utamanya.  Sebelum chat atau telpon dosen. Usahakan doa dulu, istigfar banyak2 dan minta dilembutkan hati dosen tersebut supaya ga marah sama kita.  Iya,  ini yang selalu aku lakuin sebelum chat dosen.  Karna apa? Karna aku percaya cuma Allah yang bisa membolak balikkan hati manusia. :) 


Ok,  itu aja sih tips dan trik buat dospem berdasarkan pengalaman aku sendiri. 

Semangat ya buat kalian yang lagi bimbingan skripsi.  Aku doain,  semoga cepet lulus ya dan dapat nilai terbaik.  Aamiin. 


Btw,  yang belum berteman. Mari kita berteman:)

 Instagram : sari_berlianti 





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengalaman lamar kerja waitress di Dine and Chat

Suka duka seorang fresh graduate